Pesona Jambi

JAMBI

Jambi adalah Provinsi Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatra. Jambi yang ibu kotanya bernama sama dengan nama provinsinya, selain Bengkulu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan Gorontalo.
Potensi dan Daya tarik wisata

1. Candi Muaro Jambi (Desa muara jambi, Maro Sebo, Jambi)
 Situs Purbakala Kompleks Percandian Muaro Jambi adalah sebuah kompleks percandian agama Hindu-Budha terluas di Indonesia yang kemungkinan peninggalan Kerajaan sriwijaya dan Kerajaan Melayu.

 2. Danau Pauh (Jangkat, Kabupaten Maringin, Prov Jambi)

Pesona yang dimiliki Danau Pauh ini memang sangat menawan, hamparan air danau yang membiru layaknya lautan luas, serta pepohonan hijau dan Gunung Masurai merupakan fenomena lengkap yang akan memuaskan pandangan wisatawan.

 3. Gunung Kerinci (TNGK) di Provinsi Jambi


Puncak Indrapura di ketinggian 3.805 mdpl.
Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatera, juga dinobatkan sebagai gunung api tertinggi di Indonesia. Selain itu, Gunung Kerinci juga menyandang gelar puncak tertinggi kedua di Indonesia setelah Carstenz, Jayawijaya.
Berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, sebelah selatan Kota Padang. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang merupakan habitat dari harimau sumatera dan badak sumatera.

4. Air Terjun Muaro Seluro

Dari Kabupaten Sarolangun membutuhkan waktu sekitar empat jam perjalanan darat dari Kota Jambi. Sementara, jarak Kecamatan Batang Asai dari Kota Sarolangun sebagai ibu kota kabupaten adalah sekitar 92 kilometer. Kecamatan Batang Asai disebut-sebagai salah satu 'surga' di Kabupaten Sarolangun. Ini karena eloknya alam di wilayah ini. Kawasannya yang berada di pegunungan serta terdapat sungai arus deras dengan bebatuan sepanjang kurang lebih 90 kilometer menjadikan Batang Asai memiliki panorama yang indah.

*Kuliner


Kue Srikaya Beraroma Khas Pandan 

Salah satu kue legendaris Jambi adalah kue srikaya yang memiliki aroma khas dan warna hijau lumut. Kue ini terbuat dari campuran tape dan santan, pewarnaanya menggunakan daun pandan
Gulai Tepek Ikan, Makanan Khas Jambi

Tempoyak dan Kue Srikaya sangat mudah ditemukan di Kota Jambi namun berbeda dengan makanan khas Jambi yang sakral ini. ternyata karena makanan ini hanya bisa didapatkan saat momen-momen sakral saja seperti halnya saat pernikahan, kenduri dan acara adat lainya. 
Gandus, Jajanan Khas Jambi

Kue khas jambi yang terbuat dari tahu talem ebi, yang warnanya putih seperti susu dan berbentuk bulat. Begitu juga gandus yang memiliki tekstur kenyal serta halus, gandus terbuat dari campuran tepung beras, sagu, garam dan santan. Adonan diberi bumbu halus dari bawang putih, bawang merah dan cabai.

Daging Masak Hitam

Daging masak itam merupakan olahan daging sebagai lauk memakan nasi. Tampilanya mirip dengan semur betawi yang mempunyai kuah hitam pekat dan rasa yang manis serta gurih menjadikan kelezatanya tak bisa dibayangkan hanya dengan angan-angan, sobat wajib coba langsung kelezatanya di Kota Jambi
DODOL NANAS

Buah nanas merupakan komoditi unggulan dari Provinsi Jambi. Bahkan disuatu daerah yang berada di Jambi telah menjadi sentra perkebunan nanas yang cukup besar. Karena nanas merupakan buah yang mudah diperoleh saat berada di Jambi, dari situlah masyarakat Jambi memiliki inisiatif untuk membuat makanan khas dari buah nanas.

Dodol Kentang Kerinci, Cemilan Khas Jambi

Perbedaan dodol kentang dan dodol nanas khas jambi hanyalah dari varian rasanya, kalau dodol nanas hanya memiliki rasa original dari buah nanas itu sendiri, sedangkan dodol kentang memiliki varian rasa, dari mulai gula merah, durian, stroberi, dan juga nanas.


Tempoyak, Makanan Khas Jambi yang Unik

pada umumnya dijadikan es durian yang segar atau pancake yang sangat nikmat yang banyak ditemukan di Medan. Namun, di Kota Jambi buah durian diolah menjadi lauk yang bisa disantap bersama nasi putih

 

SOMETHING TO DO

Apa saja sih yang bisa kita lakukan di Jambi?

  • Berenang

    • Mendaki

      • Menikmati kuliner

        • Membeli sovenir

          • Menikmati keindahan alam (alami dan buatan)

            • Berfoto dibanyak ODTW Jambi lainnya 

               

              SOMETHING TO SEE

              -Festival batanghari yang diadakan setaun sekali
              -Festival Kerinci, wujud perlindungan gunung kerinci
              Dan berbagai festival lainnya

              SOMETHING TO BUY
              - Batik jambi
              - Gelang sebelik sumpah
              - Produk anyaman dll

 

Komentar

Postingan Populer